Lengkap Melindungi diri dan Berinvestasi dengan Asuransi Investasi

APA ITU ASURANSI INVESTASI?

Beberapa tahun terakhir ini industri asuransi sedang mempromosikan produk terbarunya dengan kemasan kata-kata “Asuransi Investasi”. Bagi masyarakat yang belum kenal literasi keuangan dengan produk asuransi investasi tentunya sangat bingung. Bagaimana sebuah asuransi dapat digunakan untuk investasi. 


 
Bukan hanya orang awam saja yang bingung, saya yang berlatar belakang seorang yang pernah bekerja di dunia perbankan merasakan tidak jelas tentang konsep asuransi investasi. Namun, ketika saya belajar tentang asuransi invetasi dan membaca dengan detail apa yang dimaksud dengan asuransi investasi, asuransi pendidikan , maka kebingungan itu sirna dalam sekejab. 

Untuk sukses dalam kehidupan di masa depan, setiap orang mendambakan kepastian, jaminan serta perlindungan jiwa, kesehatan dan dana yang tidak tergerus dengan berbagai inflasi yang melanda dunia. 

Sekarang kita kupas satu persatu kenapa elemen-elemen untuk kesuksesan itu penting. Perlindungan jiwa dan kesehatan merupakan hal yang terpenting dalam hidup. Orang memiliki paradigma  hidup yang sukses adalah banyak asetnya, karir memuncak, kaya.. Tetapi apabila suatu waktu ketika peristiwa terjadi, segalanya tak berarti sama sekali. Tiba-tiba apa yang dimiliki itu sirna dan hanya kegalauan dan kekecewaan karena tak pernah memikirkan untuk mengcover semua bencana itu dengan asuransi yang menjamin dan melindungi kesehatan dan kematian. 

Pengalaman seorang teman saya yang memang bukan seorang yang kaya atau bisnis. Kakaknya dan kakak ipar ingin mengunjungi anaknya  yang belajar di luar negeri Sebagai penumpang dari satu pesawat, tentunya mereka tak menyangka bahwa tujuannya untuk bertemu dengan anaknya adalah akhir dari suatu hidupnya. 

Peristiwa tragis kecelakaan telah merenggut nyawa kakak dan kakak iparnya Tentu banyak yang disesali selain kehilangan nyawa kakak dan kakak ipar juga kehilangan kesempatan untuk asuransi jiwa kakak dan kakak iparnya karena mereka meninggalkan dua anak yang membutuhkan biaya besar untuk pendidikan selanjutnya. 

Konsep dari asuransi konvensional adalah perlu membayar premi asuransi secara penuh sampai berakhirnya masa polis.  Jika tidak ada klaim apa pun selama masa polis berjalan, maka premi dari pertanggungan yang dibayarkan itu tidak akan dikembalikan kepada pemegang polis. 

Hal ini bagi pemegang polis  tentu dirasakan sangat berat, kurang nyaman dan bahkan merasa rugi jika uang premi yang disetorkan bertahun-tahun itu tak menghasilkan keuntungan sekecil apa pun. Di sisi lain, biaya premi yang dibayarkan cukup besar.   Perusahaan asuransi pun mengadakan inovasi dan terobosan yang cukup mengakomodasi kebutuhan masyarakat bahwa asuransi perlu disertai investasi. Oleh karena itu investasi yang merupakan gabungan dari asuransi jiwa dan investasi secara flexible dihasilkan suatu produk yang bernama asuransi investasi.Salah satu pioneer dari asuransi investasi adalah Asuransi Commonwealth Life.

 Apakah keunggulan asuransi investasi dibandingkan produk yang lain? Tentunya masing-masing produk produk memiliki keunggulan yang berbeda. Namun, asuransi investasi  ini dikaitkan dengan resiko-resiko yang berkaitan dengan jiwa dan investasinya. 

Nach, kita perlu belajar tentang resiko dari resiko apa saja yang berkaitan dengan jiwa atau kesehatan yang dapat diasuransikan dalam asuransi investasi: 
  • Resiko meninggal dunia karena kecelakaan 
  • Resiko meninggal dunia dan cacat tetap
  • Resiko cacat total
  • Resiko penyakit kritis (ada 53 macam penyakit kritis) mulai dari masuk ICU, perawatan dalam rumah sakit, perawatan setelah pulih sampai resiko dengan finansial karena dana yang diperlukan setelah menjalani perawatan 
  •  Resiko penyakit generatif di masa tua setelah 75 tahun keatas. Jika kita tak menjaga atau mengatasi resiko itu dengan suatu polis asuransi yang menggaransi atau mengcover resiko itu, maka kita akan mendapat kesulitan keuangan jika peristiwa itu datang secara mendadak. 

Bagaimana cara mencari asuransi investasi yang kredibel dan dapat dipercaya?
Pertanyaan yang mutlak dikemukakan oleh setiap orang yang ingin memiliki polis asuransi investasi yaitu perusahaan mana yang dapat dipercaya untuk mengelola pembelian polis asuransi investasinya.

Persyaratan mutlak yang harus dipertimbangkan dalam memilih asuransi investasi adalah sebagai berikut:

  • Perusahaan asuransi yang telah punya reputasi baik dan dapat dipercaya.
  • Perusahaan asuransi yang performa keuangannya sehat . Hal ini dapat dilihat dari finansial statement perusahaan yang biasanya dipublish di koran atau jurnal keuangan. 
  • Perusahaan asuransi yang telah lama bergerak dalam bidang asuransi
  • Perusahaan asuransi yang menjamin keamanan dan kenyamanan nasabah berasuransi dengan adanya mitra reasuransi yang bereputasi internasional.
  • Perusahaan asuransi yang mempunyai kredibilitas dan ditunjukkan dengan rating yang dikeluarkan dengan nama ternama dan ditunjuk secara legal. 
  • Perusahaan asuransi yang mempunyai berbagai keunggulan seperti perlindungan seumur hidup, pengembalian 50% dari uang pertanggungan apabila tak terjadi klaim, potensi hasil investasi yang optimal, fasilitas inflasi link yang menjaga nilai ekonomis 
SEHAT ITU MURAH, SAKIT ITU MAHAL:

Menjadi sehat, adalah pokok utama bahasan dari tulisan ini. Ketika saya masih sehat, bekerja di sebuah perusahaan bank swasta asing, saya merasa bahwa semuanya terjamin tanpa adanya kesulitan dengan kesehatan karena perusahaan dimana saya bekerja sudah mengadakan kerja-sama dengan perusahaan asuransi untuk asuransi kesehatan untuk mengcover klaim apabila ada karyawan/karyawati sakit atau masuk ke rumah sakit.

Selama bekerja saya pernah masuk rumah sakit tiga kali. Berhubung saya masih lajang saat itu, ketika pulang bekerja, badan saya terasa panas sekali. Lalu, saya datang ke seorang dokter ahli penyakit dalam. Setelah diperiksa, saya dinyatakan harus masuk rumah sakit saat itu. Benar-benar shock karena merasa belum siap mental . Saya pikir apakah dokter ini tidak salah, belum periksa laboratorium, saya sudah dinyatakan ke rumah sakit. Begitu pulang, pikiran dan perasaan saya tak dapat menerima vonis dokter. Tetapi, karena saya tinggal sendirian di rumah, saya pun berpikir, jika saya tak menuruti apa yang dikatakan dokter dan apabila nantinya saya sakit lebih kritis , siapa yang akan mengantar saya ke rumah sakit. Lebih baik sekarang saja berangkat ke rumah sakit, masih mampu untuk berangkat sendirian.

Malam itu, saya pulang ke kos, lalu mengambil beberapa baju, perlengkapan baju dalam dan tidur. Berangkatlah ke rumah sakit sendiri. Lalu dengan surat rujukan dari dokter dan kartu asuransi yang selalu siap menemani saya, urusan administrasi di ruang pendaftaran pun selesailah.  Saya dapat tenang istirahat di dalam kamar menjelang tengah malam.  Suasana di rumah sakit yang sepi dan senyap, memang enak untuk istirahat. Namun, kondisi badan yang panas itu belum juga turun karena memang dokter belum sempat datang. Hanya resep yang ada di tangan saya.  Itu pun tak mungkin diberikan pada malam hari.  Hanya infus yang menemani saya.

Besok harinya, saya tetap harus mengurus suatu surat garansi dari perusahaan untuk melengkapi prosedur administrasi di Rumah Sakit untuk menginap.  Saya pun minta bantuan teman untuk menguruskan di kantor.  Beruntung teman baik dari kantor, akan mengantarkan surat itu ketika jam kantor telah selesai
Nach, ketika surat garansi untuk  rumah sakit  telah saya sampikan ke pihak rumah sakit, pihak rumah sakit langsung menelpon pihak asuransi apakah benar saya sebagai "peserta polis dari perusahaan asuransi".
Ketika konfirmasi sudah didapatkan, semuanya beres.  Saya sudah tenang berobat di rumah sakit.  Menyembuhkan penyakit dan memulihkan kondisi badan saya yang kena tyhpus.

Pengalaman yang sangat menyegarkan saya bahwa sehat itu murah, tapi sakit itu mahal itu, ketika anak saya harus berangkat ke Melbourne untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.   Semua urusan keimgrasian, administrasi sekolah selesai, tapi satu hal yang membuat saya terkejut adalah ketika pihak konsultan pendidikan minta agar asuransi kesehatan harus dibayar secara full selama 3 tahun waktu kuliah anak saya.

Ketika dihitung biayanya cukup mahal, tapi saya teringat bahwa kesehatan itu murah, tapi sakit itu mahal. Apabila nanti anak saya sakit di negara orang, tak memiliki asuransi kesehatan, wah, apa saya mampu membayarnya.

Segalanya memang sudah diatur oleh sekolah, negara maju bahwa tiap mahasiswa/i harus memiliki asuransi kesehatan.  Perubahan cuaca yang sangat drastis memang membuat badan terasa tak enak. Kesehatan anak pun sering turun dengan kondisi cuaca yang tak mendukung.  Anak saya pun harus ke klinik sekolah . Beruntung klinik sekolah, langsung menangani sakitnya.  Tanpa ditanya apakah punya kartu asuransi atau tidak.  Ketika penanganan sakit sudah selesai,  barulah ditanyakan apakah mempunyai nomer member dari asuransi kesehatan .   Dengan sangat mudah semua direcord, dan diberikan beberapa saran agar istirahat selama 2-3 hari di rumah.

Mengingat bahwa ketika kita sehat adalah nilai yang berharga untuk memelihara kesehatan, namun ketika sakit adalah berharga untuk istirahat karena ada perlindungan kesehatan yang dimiliki dengan adanya 
Perlindungan Asuransi Kesehatan Dengan Unit Link Commonwealth Life".

REVIEW INVESTRA LINK:

Menilai tiga produk yang ditawarkan oleh Commonwealth Life  yaitu Investra Link, Investra Link Extra dan Investra Platinium:

  • Terlihat di sini bahwa hanya keunggulan dari perlindungan yang ditonjolkan.  Kurang adanya paparan dari segi investasinya. 
  • Untuk mengetahui keunggulan segi investasinya, perlu datang menemui sales agent .  Sales agent akan membuat profil tentang investasi yang sesuai dengan kebutuhan kita. Namun, adakalanya, sales agent tidak mengetahui bahwa kebutuhan nasabah yang mementingkan investasi dibandingkan dengan perlindungan.  Di sini ada gap persepsi antar agent dan kebutuhan nasabah.
  • Tidak dijelaskan tentang biaya-biaya yang ditimbulkan . Hanya ada setelah dibuatkan ilustrasi. Inipun terletak di belakang. Jadi calon nasabah harus banyak bertanya tentang biaya yang timbul karena setiap transaksi selalu dikenakan biaya.  Biaya itu seringkali menyedot dari nilai investasi.
  • Tidak jelasnya perbedaan antara ketiga produk itu dalam paparan di website.  Untuk mengetahui perbedaan jelas harus menghubungi call centre.
  • Call centre hanya membacakan konsep dari ketiga produk berdasarkan apa yang tertulis tanpa dapat memberitahukan atau menjelaskan lebih detail untuk perhitungan premi, proporsi dari perlindungan dan investasi, jenis investasi yang baik saat ini.
  • Testimoni dan forum dari orang-orang atau nasabah yang pernah ikut dalam produk ini, akan lebih memperdalam pengetahun calon nasabah.



Tulisan ini diikut-sertakan dalam Lomba Blog Writing Contest dan SEO Blog Contest 2015:  PerlindunganAsuransi Kesehatan Dengan Unit Link Commonwealth Life":

 

1 komentar:

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...