MENABUNG PROPERTI ANDALAN UTAMA LAWAN INFLASI

Sejak kecil saya telah diajarkan oleh orangtua untuk menabung. Menabung uang dimasukkan ke dalam suatu "celengan" (terbuat dari tanah liat berbentuk ayam ,ditengahnya dibuat lubang untuk memasukkan koin).  Kebiasaan ini terjalin sampai kelas 6 SD.   Ibu saya mengajarkan nilai-nilai dari  menabung.  Manfaatnya adalah untuk mengantisipasi kondisi masa depan yang belum jelas. Tabungan dapat digunakan ketika kita tak ada uang untuk membelinya.

Ketika bekerja, saya juga menabung. Namun, tabungan itu tak berbuah secepat yang diharapkan.  Harapan untuk bisa mendapatkan sesuatu yang berharga seperti rumah pun tak mungkin tercapai.  Pada saat perusahaan dimana saya bekerja memberikan fasilitas pinjaman untuk pembelian rumah, saya sangat tertarik untuk memohonnya. Ternyata permohonan saya disetujui.  Saya memiliki rumah dengan nilai Rp.25 juta yang dapat saya angsur dalam waktu 15 tahun.

Pada saat menjelang pensiun, saya sangat terkejut karena nilai rumah dan tanah dimana saya tinggal telah melejit tinggi, menjadi Rp.900 juta.  Apabila saya tak jadi membeli 15 tahun lalu, saat ini saya  tak sanggup membeli  harga rumah yang sangat tinggi itu.

Menabung ternyata sangat besar manfaatnya. Menabung dalam berbagai bentuk, uang rupiah atau uang asing.  Namun, mengingat nilai uang rupiah yang sering tergerus dengan nilainya yang makin melemah, bahkan nilai rupiah seringkali mengalami inflasi atau devaluasi.  Mulailah saya dan teman-teman berpikir ingin sekali menabung dalam bentuk properti.   Mengapa?  Properti nilainya selalu naik dan tidak pernah turun kecuali properti yang tak memiliki prospek atau tak mempunyai lokasi yang premium.

Selalu awal pemikiran saya adalah, jumlah uang tabungan saya tak cukup untuk membeli harga rumah. Ternyata, sekarang ini kita dimudahkan dengan membayar down payment dulu dari uang tabungan, selanjutnya sisanya dapat kita angsur.   Skema pembayaran bervariasi ditawarkan oleh pengembang, yang kadang-kadang bekerja sama dengan bank untuk pembiayaan pembelian rumah dengan angsuran.

Bidikan saya untuk memilih salah satu dari properti adalah pengembang yang sangat ternama dan terbaik, PT.Prioritas Land Indonesia.  Mengingat anak saya yang mahasiswi ,kuliah di suatu perguruan tinggi.  Maka apartemen yang paling dekat dengan kampusnya ada Apartemen Mayestic Point Serpong.  


Apartemen Majestic Point  Serpong.
Menelisik lebih lanjut, apakah apartemen ini memang cocok untuk seorang mahasiswi. Awal pertimbangan, segi jarak atau lokasi, wah apartemen ini sangat tepat karena jaraknya hanya berjarak radius 5 KM dari kampusnya.  Berkembang tentang fasilitas apa saja yang didapatkan, kondisi keamanan tinggal untuk seorang mahasiswi, apakah mudah untuk pergi ke pasar atau shopping centre untuk memasak, makanan sehari-hari, dan yang terpenting apakah  apartemen ini dapat dijual kembali jika anak ini kelak lulus atau tidak akan tinggal di sana lagi.

Berbagai pertanyaan ini membuat saya harus mencari jawabannya.  Mudah sekali mendapat jawabannya karena website sangat komprehensif ,  ternyata  lokasinya sangat strategis , bahkan disebut 7 wonders of Majestic Point.   Buat seorang mahasiswi, lokasi apartemen ke kampus sangat  mudah dijangkau, ke luar dari apartemen, jika tak ingin naik kendaraan sendiri, bisa dengan  feeder, taxi atau angkot . Jarak persisnya adalah 6.9 km, jarak tempuh dengan angkot atau mobil sekitar  15 menit.  Pulang pergi hanya cukup dengan jarak tempuh  30 menit.   Waktu tak terbuang untuk transportasi.  

Bagaimana untuk memenuhi  keperluan untuk tempat  belajar tersedia?  Ternyata ada , tersedia fasilitas study lounge di Park in the Sky.  Belajar tidak terganggu dengan lingkungan yang banyak menawarkan leisure, seperti  ke mall.  Namun, dengan relax, dan santai, pastinya mahasiswi /a dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik dan penuh konsentrasi.

Bagaimana untuk memenuhi kebutuhan makan, belanja bagi mahasiswa/i?  Mudah dicapainya tinggal pilih, apakah menuju ke Summarecon Mal Serpong (SMS) dengan jarak tempuh 5 menit, atau ke Supermal Karawaci dengan jarak tempuh 10 menit.   Jadi ngga perlu repot untuk belanja keperluan sehari-hari.   Orangtua tak perlu khawatir anaknya  mencari  konsumsi makanan atau keperluan sehari-hari.  Gampang, mudah, dan terjangkau dengan kendaraan umum.

Bagaimana kondisi apartemen, apakah layak untuk seorang mahasiswi?  Ternyata , apartemen yang disediakan ada 3 macam ukuran, yaitu : Type  Studio (luas: 27M2)  Type 1 Bedroom (luas : 40 M2), dan Type 2 Bedroom (luas: 54 M2), berikut adalah gambarnya.

Wah cocok sekali untuk mahasiswi, 1 studio pun telah lengkap ,nyaman dan fasilitas sebuah hunian  seperti kamar tidur,mandi, listrik,genset,air, ac, pemanas air,kolam renang, sambungan internet, dan satu lagi yang sangat penting bagi setiap mahasiswa/i adalah bebas banjir

Bagaimana dengan pembayarannya?  Wah, setiap orangtua harus memperhitungkan pembelian apartemen di Mayestic Point  Serpong ini menguntungkan atau malah buntung?  Hitung-menghitung pun saya dengan sangat teliti dilakukan. Opsi pertama jika kos; opsi kedua jika pulang pergi tanpa kos dan opsi ketiga jika tinggal di apartemen.

Setelah semua dihitung dengan cermat, sesuai budget, pilihan hanya tinggal dua yaitu pulang pergi tanpa kos atau beli apartemen.   Pilihan harus satu. Hitung menghitung pun dilakukan lagi.  Berapa persisnya biaya untuk transportasi tanpa kos, apa saja resikonya.  Lalu berapa biaya beli apartemen dan living costnya.   Pusing karena biaya apartemen dan living cost  pastinya  cukup besar dibandingkan dengan biaya transportasi tanpa kos.

Tapi mengingat bahwa kondisi jalan, rumah tempat tinggal yang kerapkali banjir,  ternyata ada poin-poin yang paling menguntungkan  bagi saya untuk membelinya:
  1. Investasinya sangat menguntungkan dibandingkan modal yang dikeluarkan.
  2. Anak dapat belajar tenang, tak terganggu, mudah terjangkau akses nya ke kampus.
  3. Anak mudah berbelanja.
  4. Prospek investasinya memang sangat hebat karena 7 wonders terdapat didalamnya.
  5. Bebas banjir, saat ini  rumah tinggal teman saya yang dulu tak pernah tersentuh banjir, telah kena banjir.    Tentu  apartemen ini dapat menjadi pilihan tepat terhindar dari banjir
  6. Fasilitas lengkap di dalam apartemen, designnya yang sangat elegan
  7. Fasilitas lengkap di luar apartemen.
  8. Skema pembayaran ada cicilan ditawarkan dengan lunak.





Nach, akhirnya saya menyimpulkan bahwa menabung properti adalah pilihan yang tepat dan investasi yang menguntungkan .

Harapan saya, bagi teman-teman yang lain untuk selalu menabung. Menabung dengan membeli properti adalah banyak keuntungan. Ayo kita simak apa saja keuntungan yang akan kita dapatkan:


  • Lokasinya adalah 7Wonder




  • Bebas banjir: sekarang sangat diinginkan oleh setiap masyarakat karena hampir di pelosok Jakarta terkena banjir

  • Potensi capital gain dan rental occupancy yang tinggi dan profitable investment

  • Fasilitas Majestic Point  yang lengkap:  Shuttle bus,Education Centre,Grandeur Design,Sky Park,Swiming Pool

  • Pre development return/return masa tunggu pembangunan sebesar 1.5% per bulan dari harga deal selama 2 tahun, total 36%.

  • Buyback Guarantee 100% (dibeli kembali di tahun ke-2 sesuai harga deal unit diawal)

  • Rental Guaratenee (kita kelola dan sewakan) selama 3 tahun.Pembagian hasil 12% s/d 15% per tahun


 Tulisan ini diikut-sertakan dalam Lomba Blog Contest Prioritas Land  Indonesia.


Sumber-sumber referensi:


- www.majesticpointserpong.com
- Bisnis Indonesia
- Kompas

 
Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...