TETAP BUGAR,TULANG SEHAT, AKTIVITAS LANCAR SAAT MENOPAUSE


"Kesehatan bukanlah segalanya dalam hidup,  tetapi tanpa kesehatan segalanya tiada berarti".

Bugar, sehat, berpenampilan segar, beraktivitas lancar di usia senja menjadi idaman bagi setiap wanita. 
Namun, wanita yang akan memasuki menopause sering emosional. Menopause menjadi  momok bagi setiap wanita  termasuk diriku.

Rasanya sangat tidak enak bekerja tetapi sering emosional yang sebelumnya tak pernah terjadi.  Memasuki usia 45 tahun, berbagai macam kendala mulai dengan gejala phisik seperti hotflush,  gangguan pencernaan,sulit tidur menghinggapi diriku.   Hingga kendala psikis seperti gelisah, kelelahan, lekas marah dan perubahan mood yang berlangsung cepat.  

Aku ingin berburu informasi yang dapat membantu menemukan bagaimana cara mengatasi gangguan itu.  Pasti ada rahasia dari  wanita cantik yang memiliki tulang sehat, tetap beraktivitas lancar dan berpenampilan segar.  Akhirnya, saya dapat menemukan tempat yang paling  tepat untuk menemukan jawabanya, silahkan klik  tanya dokter.

Mengenal menopause
Kesehatan wanita berbeda dengan laki-laki.  Pada wanita, sejak muda, usia 18-45 tahun, hormon estrogen meningkat kecuali pada saat menstuasi.   Tetapi, pada saat 45 keatas, hormon estrogen menurun secara tajam sehingga akan mempengarungi terhadap beberapa fungsi tubuh yang dikendalikan oleh hormon ini.  Pada akhirnya, timbullah gejala phisik maupun psikis yang seringkali mengganggu wanita dalam kegiatan aktivitas sehari-hari.  Untuk menjaga stamina tubuh agar pada saat menopause tak terjadi tulang kropos atau kehilangan gairah maka diperlukan makanan atau vitamin yang dikonsumsi.

Makanan sebelum dan sesudah Menopouse:

  • Makanan kaya kalsium:Terdapat dalam sayuran seperti brokoli, susu,   

  •   Makanan mengandung anti oksidan :Dalam lingkungan yang penuh dengan radikal bebas, tubuh perlu bertahan terhadap radikal bebas  dengan vitamin C.   Kandungan vitamin C dapat ditemukan dalam jeruk, stroberi, paprika,tomat,buah kiwi,jambu, bayam, brokoli, daun parsley, tempe.   Sangat baik untuk menghindari resiko jantung  koroner, kesehatan kulit.  Kebutuhan vitamin C hanya 75 miligram per hari.

Cermati Gejala dan Tanda-tandanya:
Wanita yang akan memasuki masa menopause sering mengalami gejala emosional dan kognitif bervariasi.  Gejala antara lain, kelelahan mental, masalah daya ingat, perubahan mood yang berlangsung cepat. Hal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon.  Harus ada pendekatan khusus jika sudah ada gejala itu.  Sebaiknya memperhatikan pola hidup dan pola makan . Apa yang ditanam akan menghasilkan buah yang baik juga.

Latihan Phisik:

Latihan phisik sangat membantu rasa tak enak pada phisik maupun phisis.  Tapi tidak menghilangkannya.   Latihan phisik itu dapat berupa senam, jogging, bersepeda dan lain. Sebaiknya dilakukan sebelum dan sesudah menopouse.  Sangat bermanfaat mengurangi stres, badan menjadi bugar. 

Manfaat lain dari latihan phisik yaitu:

  1. Mengurangi penambahan berat badan:  otot yang tak bergerak, akan menambah berat badan, ketika ada latihan phisik maka otot makin kuat dan mengurangi berat badan.
  2.  Menurunkan resiko  dari kanker payudara:  dengan latihan yang intensif, melindungi dari kanker payudara.
  3. Menguatkan tulang-tulang.   Untuk menguatkan masa tulang , latihan yang konsisten akan sangat membantu memperlambat fraktur, masa tulang, osteoporosis.
  4. Mengurangi resiko penyakit lain.  Dengan latihan konsisten dan terlatih, resiko penyakit lain seperti radiovaskuler, diabetes akan berkurang


Rahasia awet bugar,tulang sehat, aktivitas lancar telah diketahui, ayo praktekan dan lakukan.

Tulisan ini diikut-sertakan dalam Lomba BlogWanita Indonesia Cantik & Sehat:




Sumber Referensi:

Wanita Menapouse juga bisa cantik

10 Makanan Yang harus di konsumsi Wanita
Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...