MOTHER’S DAY: “CNN'S HERO, ROBIN LIM, PENYELAMAT KELAHIRAN BAYI DAN IBU”



Angkat tangan yang setinggi-tingginya dan tepukan yang meriah bagi Bidan Robin Lim, nominee dari CNN Heroes of the Year 2011.   Akhirnya Robin Lim dipastikan  sebagai "One of The Ten of CNN's Hero in 2011.

Siapa yang tak mengenal Robin Lim?  Perempuan berkelahiran Amerika tinggal lama di Pilipina . Perempuan sederhana tetapi memiliki misi, dedikasi dalam membantu kelahiran bayi bagi komunitas kalangan bawah di Bali.  Kehilangan bayinya, kehilangan adiknya dalam melahirkan, kehilangan sahabatnya dalam melahirkan, membuat Robin Lim bertekad untuk membantu perempuan-perempuan untuk bisa survive dalam melahirkan bayinya dengan selamat dan sehat.

Semangat itulah yang membawa Robin Lim dari Hawai , menuju Bali. Penjualan rumah di Hawai, menginjak Bali dengan sebuah misi yang besar, membantu para ibu-ibu yang akan melahirkan untuk hidup sehat dan melahirkan anak dengan selamat.  Yayasan yang dibentuk bernama “Yayasan Bumi Sehat”.  

Bukan hanya Bali saja, tetapi Aceh juga menjadi  tempat bantuan yang sangat dibutuhkan pada saat tsunami.   Dengan kondisi yang sangat terbatas, tidak ada peralatan yang canggih maupun higenis, dia memberanikan dirinya untuk memberikan perawatan kepada ibu dan anak yang dilahirkan .  Peralatan yang tak terbatas tak menyurutkan langkahnya untuk membakar tali pusat bayi . Langkah ini sesuai dengan pengetahuan yang dia dapatkan dalam ilmu kebidanan.

Baginya bayi adalah seorang mahluk yang pantas memiliki hak sejak dia lahir.  Dia sangat concern dengan adanya praktek “adopsi bayi” bagi orangtua yang tak mampu ketika melahirkan harus membayar biaya melahirkan dan biaya bayi itu di masa depan.    Lalu, dia memberikan jalan ke luar, dengan menawarkan perawatan kehamilan gratis dan layanan persalinan .  

Sadar bahwa keluarga di Indonesia dengan rata-rata income sebesar USD 8 per hari , biaya persalinan normal sebesar $150 dan caesar sebesar $1,500, tak memungkinkan mereka untuk memilih melahirkan di rumah sakit. Pilihan mereka adalah  dengan cara yang tradisional dan tidak menjamin keselamatan ibu dan bayinya. Resiko besar menghadang mereka.

Misi  Robin atas keselamatan bayi dan ibunya menjadi tumpuan dan perbaikan dari kematian bayi dan anak di Indonesia. 

"Hero" yang tak pernah kenal lelah dalam membantu keselamatan bayi dan ibu ini akan terus berjuang sampai kapan pun.

Dalam rangka hari Ibu, hanya sebuah harapan dan doa yang dapat kulyangkan: “Selamat Berjuang dan Selamat Melanjutkan Misi Muliamu , Robin”.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...