HIDUP SEHAT DEMI JANTUNG SEHAT


Siapa tidak ingin hidup sehat hingga tua?  Hampir setiap orang menginginkan hidup sehat  dan terhindar dari penyakit kronis.  Terlebih sekarang ini banyak penyakit mematikan seperti penyakit stroke, jantung, kanker.  Apa kuncinya?   Kuncinya terletak pada pola hidup dan pola makan.

Ayah saya terdiagnosis penderita penyakit jantung.  Padahal sebelumnya dia hanya didiagnosa penderita tekanan darah tinggi.  Loh, kenapa dari penderita tekanan darah tinggi bertambah menjadi penyakit jantung.   Darimana dan bagaimana hal ini bisa terjadi?

Ayah saya bukan perokok dan tidak stres bekerja karena beliau bekerja secara santai mengurus usaha transportasinya. Kenapa beliau dapat menderita kedua penyakit itu?  Kami anak-anaknya sering tidak menyadari bahwa beliau mempunyai pola hidup dan makan yang tidak sehat.

Setiap hari beliau makan pagi dengan asupan karbohidrat yang cukup berat karena merasa harus makan kenyang sekali. Bobot tubuhnya tidak berlebihan karena karbohidrat yang dimakannya itu ternyata dapat dilebur dan tidak disimpan dalam tubuh berupa lemak dengan naik sepeda cukup jauh.  Salah satu olahraga yang disukainya.

Namun, ketika beliau dalam perjalanan pulang menuju ke rumah, di tengah jalan, selalu tergoda untuk mampir di warung yang terkenal dengan makanan yang enak.  Salah satunya adalah sate kambing,  yang kedua adalah sup jeroan.   Diam-diam beliau mampir ke warung, dilahapnya makanan yang memang rasanya enak di mulut. Namun, tidak bagi kesehatannya. Begitu sampai di rumah, langsung beliau merasa ada badan yang tidak enak, pusing , tekanan darah tinggi.  Beliau mengkonsumsi obat tekanan darah tinggi.  Tak lama mereda.

Setelah merasa enak badan, beliau stop obat itu.  Dan menyangka bahwa dengan tidur beliau akan sehat. Ternyata tidak. Saat itu  ibu saya tak mengetahui bahwa beliau sakit, makanan yang dihidangkan pun tak sesuai dengan pola makanan sehat.  Seringkali makanan itu mengandung gula,garam, santan yang berlebihan. 

Akibatnya, tekanan darah tinggi itu yang menjadi komplikasi penyakit jantung. Jantungnya berdebar-debar, sakit.  Tak kuat dengan serangan itu, beliau tak sadarkan diri.

Begitu dibawa ke rumah sakit, diperjalanan nyawa beliau tak dapat diselamatkan.  Itulah sekilas pengalaman hidup dari ayah saya yang kurang memperhatikan pola makan dan pola hidup sehat sebagai kualitas hidup sehat dalam masa tuanya.

Bagi saya, tentu saat ini yang sudah memasuki masa lansia, resiko-resiko untuk penyakit mematikan harus diminimalisir dengan cegah sakit stroke atau jantung sedini mungkin.  
  • Pola hidup sehat, dengan berolahraga tiap hari secara konsisten dengan senam tera.
    Dokumen Pribadi
  • Pola makan sehat, terapi jantung atau terapi stroke agar kita terhindarkan dari penyakit yang mematikan. Pola makan sehat dapat dilakukan dengan asupan makanan sayuran dan buah-buah yang lebih banyak dibandingkan dengan  karbohidrat. Karbohidrat berlebihan akan membuat bobot tubuh berlebih, dan akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak. Lemak tinggi dalam tubuh maupun darah akan beresiko menderita penyakit jantung.

    Dokumen Pribadi

  •  Terapi stroke atau terapi jantung adalah solusi agar kita terhindar dari penyakit yang mematikan. Caranya dapat dengan mudah yaitu nutrisi  yang mengandung  citicoline, yang merupakan molekul pengantara biosintesis dari phosphatidylcholine. Fungsinya untuk meningkatkan integritas structural dan fungsional membrane sel saraf . Juga  membantu perbaikan membrane sel yang telah rusak. Pada pasien stroke citicoline juga membantu rehabilitasi pasien, pemulihan dari lesi otak dan sumsum.
  • Apabila memiliki riwayat penyakit stroke atau jantung, jangan khawatir karena kita dapat konsultasikan kesehatan jantung atau stroke kita ke "KlinikTerapi Jantung" atau "Klinik Terapi Stroke"

Pola hidup sehat , pola makan sehat  untuk mendapatkan hidup sehat demi jantung sehat.

2 komentar:

  1. Semoga Ayah Mbak mendapat tempat yg terbaik di sisi-Nya, aamiin

    BalasHapus

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...