PESONA DAN INDAHNYA KULON PROGO





Kulon Progo mempunyai bentang alam nan istimewa. Perbukitan sepi, sawah subur menghampar, hingga pantai indah berpadu laguna adalah komposisi warna yang pas dalam sebuah lukisan ciptaan Tuhan


Siapa tak kenal kota Jogjakarta?  Hampir setiap orang mengenalnya sebagai tempat wisata yang lengkap dan menarik untuk dikunjungi.  Mulai dari wisata budaya, seni, kuliner, belanja atau pantainya. Wisatawan tentunya sudah mengunjungi keraton Jogyakarta,  Taman Sari, Maliboro, Alun-alun kidul, Tugu Jogya, Kampung Batik Prawirotaman.

Sayangnya, banyak diantara kita belum mengenal  Kulon Progo , zamrud sebelah barat kota Jogyakarta.   Kulon Progo  memiliki tempat-tempat wisata yang tak kalah cantik dan mempesonanya dari kota Jogjakarta.

Begitu kita mendarat dari kota Jogjakarta baik itu dengan mobil, pesawat terbang, atau bus, arahkan ke sebelah barat.  Mari kita kunjungi dan telusuri satu persatu tempat wisata yang mempesonakan itu:

1.Pantai Glagah

www.google.com
Lokasinya berada di Kecamatan Temon, Kulon Progo, kira-kira 10 km dari kota Wates dan 2 km dari jalan Raya Jogja-Jakarta.  Infrastruktur untuk menuju ke tempat ini sudah cukup baik.   Kepenatan perjalanan terobati dengan menikmati pemandangan  hamparan pasir hitam bak permadani sepanjang ujung barat menuju ke ujung timur.  

Di pantai ini dapat ditemukan kawasan gumuk pasir dengan rumput glintik.
Berbagai macam fasilitas tersedia  untuk kegiatan  berperahu, olahraga kano, kayak, berenang dan memancing.

Terdapat juga tempat agrowisata buah naga, melon, semangka.
Sering diadakan event istimewa seperti motorcross festival, layang-layang, pesta kembang api pada malam tahun baru.Merupakan pintu masuk ke pelabuhan ikan Tanjung Ardi Karta, sisi barat Sungai Serang dijadikan Camping Ground dan Dermaga Wisata.
Akomodasi telah tersedia:  penginapan penduduk atau hotel

Retribusi obyek Wisata:
-Pengunjung      :  Rp.4.000/per orang
- Sepeda motor :  RP.3.000
-Mobil (roda 4) :  Rp.3.000
-Bus/Truk          :  Rp.5.000

2.Pantai Trisik
www.http://budparpora.kulonprogokab.go.id/

Lokasinya  terletak di arah tenggara Kulon Progo tepatnya di Banaran, Galur (kira-kira 20 Km dari Wates dan 30 km dari Jogja).    Tempat yang sangat tepat untuk  menikmati keindahan sunset atau sunrise. Siapkan diri untuk duduk santai, melihat kemegahan dan keindahan munculnya matahari, atau tenggalamnya matahari. 

Pantai Trisik merupakan pantai yang landai berupa hamparan pasir hitam yang halus. Kawasan  Pantai Trisik dibatasi oleh muara Sungai Progo di sebelah timur, sungai yang menjadi batas alam Kabupaten Kulon Progo dengan Kabupaten Bantul. Ke arah barat, sejauh mata memandang akan tampak bentangan pantai yang seolah tanpa batas. Pantai Trisik menjadi tempat para nelayan mendaratkan perahu. 

Bukan hanya kekayaan pantai, tetapi terdapat laguna-laguna yang dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk budidaya perikanan (bandeng dan nila). Tidak jauh dari Pantai Trisik terdapat Muara Sungai Progo yang terletak di sebelah timur kawasan Pantai Trisik. 
Budi daya agrowisata buah naga dan pertanian , enceng gondok.  Sepanjang Kawasan muara ini sering menjadi tempat untuk pengamatan burung dan lokasi penangkaran habitat penyu yang dikelola swadaya oleh masyarakat.

 Retribusi Objek Wisata
- Pengunjung    : Rp.3.000 (per orang)
- Sepeda Motor : Rp.3.000
- Mboil (Roda 4): Rp.3.000
- Bis /Truk        : Rp.5.000

3.Waduk Sermo
www.http://budparpora.kulonprogokab.go.id




 Waduk Sumo merupakan satu-satunya waduk terluas di Jogjakarta.  Luasnya 157Ha.  Terletak di Hargowillis, Kokap (5 km dari Waters, 36 km dari Jogja).
Panorama waduk sangat indah, kebiruan, bersih .  Mendayung dengan perahu wisata sambil menikmati panorama indah itu.

www.http://budparpora.kulonprogokab.go.id

Surga bagi penggemar/para pemancing karena berbagai ikan terdapat dalam waduk itu.
Di sebelah timur waduk Sermo, terdapat Arbotrum Bambu.  Hutan yang dibuat secara khusus dari berbagai jenis bambu, sangat bermanfaat bagi penelitian atau pendidikan.

Retribusi Objek Wisata
- Pengunjung    : Rp.3.000 (per orang)
- Sepeda Motor : Rp.3.000
- Mboil (Roda 4): Rp.3.000
- Bis /Truk        : Rp.5.000

4. Kalibiru
www.http://budparpora.kulonprogokab.go.id/

Setelah kita berwisata pantai, sekarang kita dapat menikmati sebuah desa wisata yang disebut Kalibiru.  Nama desa atau tempat wisata yang digagas oleh masyarakat setempat.  Terletak di ketinggian 450 mdpl, perbukitan Menoreh, Kuloprogo, 40 km dari Jogya  atau 7 km dari Wates.

Daya tarik desa wisata ini sangat bermanfaat untuk mereka yang menyukai outbond, wisata budaya, wisata pendidkan, wisata terapi alam, wisata “trekking”, wisata “adventure”.

Suatu pemandangan indah dari kejauhan terlihatlah Menoreh dan Waduk Sermo.
www.http://budparpora.kulonprogokab.go.id/

Wahana Flying Fox, membawa anda menyaksikan keindahan Waduk Sermo dari kejauhan, terlihat landscape kehijauan dari sawah-sawah, atau pepohanan.

Flying Fox cocok bagi mereka yang menyukai tantangan. Rasakan sensasinya berjalan di antara high rope merayap tebing-tebing di ketinggian yang cukup aman karena digunakan standar prosedurnya.

Akomodasi tersedia berupa bungalow, tempat penduduk serta pendapa.

Tulisan ini diikut-sertakan dalam Lomba Blog Visit Jawa Tengah:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...