10 Burung Terbaik di Indonesia

Liburan sudah datang.  Pastinya kamu semua ingin berlibur sambil belajar tentang eco sistem.  Kenapa tidak?   Sekarang bukan zamannya untuk menghamburkan uang  untuk liburan tanpa mendapatkan pengetahuan sama sekali.

Ayo, kita tengok Taman Burung di Taman Mini Indonesia.  Taman Burung Taman mini sekarang sudah memiliki 9 kubah sejak 27 April 1987.  Letaknya di bagian belakang kawasan TMII dekat dengan Pusat Peragaan IPTEK.   Luasnya lumayan besar dan luas , 6 hektar termasuk fasilitas umum , tempat parkir yang cukup luas dan rindang.

Semua koleksinya dalam sangkar kubah raksasa. Kubahnya bergaris tengah 68 meter , tinggi 30 meter.   Bayangin sangat besar bukan! Dibandingkan dengan diri kita. Masuk ke dalam kubah, kamu dapat menikmati aneka ragam jenis burung langka .

Penataannya berdasarkan pola sebaran binatang.  Dibagi dua bagian , barat dan timur sesuai dengan Garis Wallace.   Lingkungan vegetasisnya juga  sesuai dengan pilihan jenis  buahan dan biji yang jadi pakan burung.

Belajar mengenal eco system tentang bagaimana melestarikan dan memelihara burung berbagai jenis dan langka dan apa saja burung burung serta burung langka itu.  Koleksinya ada 312 jenis baik yang berasal dari Indonesia Bagian Barat maupun Indonesia bagian Timur.   Ada yang berasal dari Mancanegara.

 Lihatlah betapa menarik dan cantik, anggunnya burung-burung ini.
dokumen pribadi



dokumen pribadi
dokumen pribadi









dokumen pribadi

dokumen pribadi

Elang Jawa, Elang Bondol, Cendrawasih, Jalak Bali, Maleo, Rangkong, Beo, Burung Onta, dan Onagadori merupakan beberapa koleksi yang menarik.

Kekayaan burung yang beraneka jenis menambah wawasan pengetahuan kita dan mengagumi serta melestarikannya agar alam dan burung dapat hidup dengan harmonis, sehingga manusia pun dapat menikmati keindahannya.



Di kubah barat kita dapat menikmati kicauan burung-burung asal Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali antara lain : burung Merak, Beo, Putih, Enggang, Elang, dan Jalak Bali. Sedang di kubah timur kita dapat merasakan surge burung asal Sulawesi, Maliku dan Papua, seperti burung Cendrawasih, Kasuari, Dara Mahkota, Nuri dan Maleo.



Dokumen pribadi
dokumen pribadi


















dokumen pribadi


dokumen pribadi





















dokumen pribadi


















“Tulisan ini diikutsertakan dalam rangka blog competition yang diadakan oleh #TravelNBlog.

Sumber referensi:

Wikipedia-Taman Mini Indonesia





1 komentar:

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...