SEHAT TULANGKU, HINDARI PENCURI KALSIUM, OSTEOPOROSIS





Setiap  kali bertemu dengan ibu-ibu yang telah menggunakan tongkat, bongkok punggungya.  Timbul pertanyaan: “ Apakah mereka tak peduli atau belum mengetahui  tentang Osteoporosis?”  Kelihatannya mereka masih lebih muda dibandingkan usia sesungguhnya. Deteksi osteoporosis sejak dini sangat disarankan bagi perempuan yang telah menopouse.   Osteoporosis dapat disebut sebagai “silent disease”  penyakit yang tak kelihatan sama sekali.  Tak sakit, tak menderita, tapi begitu terkena, tiba-tiba tulang kita patah dan tidak bisa disembuhkan kecuali harus operasi.  Menakutkan  sekali bukan? 

Apa yang disebut Osteoporosis: 
Berkurangnya massa tulang dan kelainan struktur tulang.  Tulang keropos dan mudah patah.  Ada istilah yang mudah diingat, pencuri i kalsium dalam tulang.

Bagaimana proses terjadinya:
Puncak Masa Tulang baik laki-laki maupun perempuan berada di usia 0-20 tahun.  Faktor-faktor yang dapat   mempengaruhi  masa tulang adalah genetik, nutrisi dan hormon dan gaya hidup.  Genetik  dan hormon  tidak dapat diubah karena sudah terbentuk dan tak mungkin  diperbaiki.  Tetapi untuk nutrisi dan gaya hidup,  faktor yang masih dapat  diubah.


Kebutuhan Kalsium dari bayi hingga tua dapat dilihat di tabel berikut ini:




KATEGORI MILIGRAM KALSIUM
BAYI
Sampai umur 6 bulan 400
6 bulan sampai 1 tahun 600
ANAK-ANAK DAN REMAJA
1-10 tahun 800
11-24 tahun 1200
DEWASA 1000
Wanita hamil 1200
Wanita menyusui 1200
Wanita post menopause 1500
(tanpa terapi sulih hormon)
Wanita post menopause 1000
(dengan terapi sulih hormon)



Kebutuhan nutrisi  kalsium dapat diambil dari makanan sehari-hari seperti, susu, jeruk,keju, pizza, sarden, es krim dan brokoli.

Namun, seringkali ada anak-anak yang tak menyukai susu, sarden, brokoli, perlu ditambahkan makanan kesehatan atau supplemen makanan yang mengandung kalsium , salah satunya  yang terbaik , Sea-Quill CALMAGZINC.
Apabila tabungan kalsium pada Puncak Masa Tulang tidak mencukupi, apalagi jika gaya hidup aktif dan olahraga tak dilakukan, maka setelah menopouse, terjadilah penurunan  masa tulang.   Masa Tulang merosot  itu memudahkan patah tulang tanpa adanya tanda-tanda sebelumnya.

Ayo kita mencegahnya!
  • Secara primer, kita mencega osteoporosis.  Pada usia anak, Nutrisi,pola hidup dan aktifitas  fisik harus dimaksimalkan.  Hasilnya pertumbuhan tulang akan optimal.  Sumber kalsium dari susu, kacang-kacangan, biji-bijian, buah, sayur, ikan dan supplemen.
  • Secara sekunder:  Cegah patah tulang dan perburukan jika sudah terjadi osteoporosis. Kalsium: 1200-1500 mg/hari,  terapi sulih hormon, terapi fisik, khusus.
Manfaat latihan fisik:
Pertumbuhan massa tulang.  Obat: 4-5%  /per tahun;   obat + olahraga :  15% per tahun
Salah satu obat atau supplemen dari osteporosis  yang paling handal dan tepat  adalah Sea-Quill OSTEO-CAL,  mengandung  calcium nitrate (tanpa asam lambung) yang mudah diserap oleh tubuh . Supplemen Kalsium begitu bermacam-macam, yang perlu diingat adalah bukan harganya yang mahal atau murah, tetapi yang mudah diserap oleh tubuh .  Sehingga efektivitas supplemen makanan kalsium itu memang dapat dibuktikan dalam melindungi tulang kita dari kekeroposan.
Dokumentasi Pribadi: Senam Tera

Saya pun sebagai perempuan yang telah menopouse dan telah dalam tahap osteponia, setiap harinya tak pernah melupakan konsumsi  vitamin kalsium, aktif, olahraga senam tera teratur (tiap hari selama 1 jam) dan mengkonsumsi makanan mengandung vitamin D.
Sehat tulangku,  cegah osteporosis  bukan hanya slogan, harus dilakukan dan diimplementasikan sedini mungkin.

TIDAK ADA KATA TERLAMBAT!!! Berusaha sekarang ini!  Ayo kita mulai dengan gaya hidup sehat (berolahraga:  untuk osteo, sebaiknya Tai chi atau senam tera) dan makanan sehat/nutrisi  kalsium sesuai kebutuhan.

Tulisan ini diikut -sertakan dalam Lomba BlogMenulis "SEA-QUILL" 




Sumber referensi:
  • Deteksi  Osteoporosis Sejak Dini, oleh DR.Dr.Lukman Shebubakar, SpOT, (K)
  • INFO Kalsium:   http://info-kalsium.blogspot.com/
  • Sea-Quill OSTEO-CAL:  http://www.sea-quill.co.id/sea-quill-osteo-cal
  • Sea-Quill CALMAGZINC:   http://www.sea-quill.co.id/sea-quill-calmagzinc

2 komentar:

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...