BAGAR ASAM BENGKULU, "TOM YAM" ALA INDONESIA



Indonesia tak mau kalah, kalau Thailand punya tom yam, Indonesia pun juga punya tom yam ala Bengkulu yang dikenal dengan nama "Bagar Asam Bengkulu".  Apa sich istimewanya?  Indonesia kaya sekali dengan yang dikenal dengan ikan laut. Berbagai macam ikan laut menjadi santapan atau menu yang sangat disukai hampir oleh orang-orang Indonesia. Selain ikan laut itu sehat, ikan laut juga menjadi primadona bagi mereka yang senang dengan seafood.

Rupanya kesukaan akan ikan laut, membuat Bengkulu mempunyai makanan khasnya.  Dinamakan Bagar Asam Bengkulu.   Jika ingin mencicipi Bagar Asam Bengkulu, maka bagi mereka yang takut dengan santan, tak usah khawatir, karena makanan ini tidak menggunakan santan.

Awal mulanya , setiap hari keluarga nelayan di Bengkulu setelah menangkap ikan jenihin , mereka  mengambil sebagian untuk dimasak untuk keluarganya.   Begitu enaknya, sehingga akhirnya, sebuah rumah makan , menyajikan Bagar Asam Bengkulu ini sangat tersohor.   Banyak pengunjung datang dari luar Bengkulu, sering membawa pulang sebagai oleh-oleh.  Bahkan ada yang membawa pulang kuah bagar asam dari  sisa makanan ketika menyantap di restoran .

Sumber: Kompas/Adhitya Ramadhan
Sumber: Kompas/Adhitya Ramadhan
Ikan  jenihin atau kakap batu adalah bahan dasar dari bagar asam. Tentunya mencari ikan yang segar,tekstur daging yang lembut, dan bumbu bagar asam akan menjadikan rasanya yang mantap dan enak sekali.   Jika ikan jenihin tidak ada, masih dapat digantikan dengan kerapu .   Rahasia dari resep agar masakan ikan ini enak, adalah selain ikan yang segar, bumbu-bumbu dapur yang  pas  seperti asam jawa, daun luku-luku untuk aroma, semua bumbu  yang diracik, akan ditumis ,dimasak dan baru asamnya dimasukkan.  Setelah itu diberikan kuah. Kuah yang disukai oleh orang Bengkulu adalah kental  dan rasanya asam,manis dan pedas.

Penyajiannya pada saat panas dengan tambahan jengkol kecil atau petai rebus dan emping melinjo.     Dapat dilengkapi dengan minuman, es kelapa muda gula aren.  Wah, luar biasa lezat dan enak memanjakan lidah bagi mereka yang menikmatinya.

Selalu diingatkan bagi semua penikmat bagar asam bengkulu, jika mereka menemukan masakannya tak enak itu karena kesegaran ikan tidak diindahkan.   Kesegaran ikan dapat dilihat dari kondisi insang,mata yang kelihatanmasih merah , bagus dan tidak lembek.  Jika  ekornya digoyangkan ikan itu masih kaku, tidak lembek .

Rahasia yang lain adalah perpaduan antara asam,manis dan pedas yang pas. Jika tidak terdapat dari salah satunya dari ketiga perpaduan itu maka rasanya akan kurang . Tak ada rasa yang mendominasi, seluruhnya merupakan harmoni yang dapat dirasakan dalam seporsi bagar asam ikan laut.

Ayo, siapa yang ingin mencicipi bagar asam Bengkulu yang sudah sangat tersohor.  Jangan sampai ketinggalan dan karena pesta kuliner ini sangat sehat dan enak bagi lidah penikmat kuliner.

Kehadiran Bagar ayam Bengkulu memperkaya khasanah kuliner Nusantara dan bagi  yang belum kenal ,silahkan mencobanya!

Tulisan ini diikut-sertakan dalam Lomba  Blog “Jelajah Kuliner Unik Nusantara”

Berikut adalah bukti saya telah mengikuti atau follow twitter @Daihatsuind @VIVA_log dan mendaftarkan diri melalui twitter serta facebook Daihtsu  Sahabatku:







Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...